Saturday, March 20, 2010

Titik Paling Extreme di Dunia

1. Titik yang terletak paling utara di dunia

Spoiler for 1:

Kutub Utara di Samudra Arktik

Quote:
2. Titik yang terletak paling utara di daratan
Spoiler for 2:

Pulau Kaffeklubben, sebelah timur Greenland (83°40′)

Quote:
3. Titik yang terletak paling selatan di dunia dan juga merupakan titik paling selatan di daratan
Spoiler for 3:

kutub selatan di benua Antartika

Quote:

4. Titik yang terletak paling barat di daratan menurut garis penanggalan internasional
Spoiler for 4:

Pulau Attu di Alaska.

Quote:
5. Titik yang terletak paling timur di daratan menurut garis penanggalan internasional
Spoiler for 5:

Pulau Caroline di Kiribati

Quote:
6. Titik tertinggi
Spoiler for 6:

Puncak Everest setinggi 8.850 m (29.035 kaki) diatas permukaan laut.

Gunung Everest adalah salah satu dari lebih dari 30 puncak di pegunungan Himalaya yang tingginya lebih dari 24.000 ft/7315 m. Himalaya berasal dari sebuah kata Sansekerta yang berarti, “tempat kediaman salju”. Nama gunung di Nepal adalah Sagarmatha, yang berarti “dewi langit”. Hamparan salju yang mendominasi banyak puncak di Himalaya adalah permanen. Hamparan saljut itu tidak pernah meleleh (tidak bahkan di musim panas). Itu berarti ada gletser di Himalaya. Gunung Everest secara permanen ditutupi lapisan es, diatapi dengan salju. ”Puncak” dari gunung di mana ketinggian diukur dapat bervariasi sebanyak enam meter atau lebih, tergantung pada seberapa banyak salju telah jatuh pada puncaknya. Para ilmuwan yakin bahwa sebenarnya ujung batu terletak puluhan meter di bawah es dan salju di puncaknya. Saat ini para ilmuwan berencana menggunakan radar penembus tanah untuk mendapatkan pembacaan yang sebenarnya tinggi gunung salju di balik semua itu. Meskipun Rentang Himalaya hanya 1.550 miles/2480 km lama, ketinggian rata-rata semua puncak utama di Himalaya dengan mudah membuat pegunungan tertinggi di darat.

Quote:
7. Titik terendah
Spoiler for 7:

Challenger Deep di Palung Mariana 200 mil dari Guam di Samudra Pasifik sedalam 10.911 m (36.198 kaki) di bawah laut

Deep Challenger, nama itu berasal dari survei kapal Challenger II milik Inggris, yang mendapati palung dari Kepulauan Mariana pada tahun 1951. Lalu pada tahun 1960, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim Trieste (sebuah kapal selam – kapal selam mini yang dirancang untuk pergi benar-benar dalam) turun ke kedalaman parit Mariana untuk melihat seberapa jauh cahaya dapat menembusnya. Mereka menyelam di bawah 35.838 ft/10, 923m. Itu berarti, sementara mereka diparkir di bawah di batiskaf, ada hampir tujuh miles/11km air di atas kepala mereka!

Jika Anda memotong Gunung Everest turun di permukaan laut dan meletakkannya di dasar laut di Challenger Deep, masih akan ada lebih dari satu mil air dari atas itu

Quote:
8. Titik terendah di daratan
Spoiler for 8:

Laut Mati di Israel Yordania, 417 m (1.349 kaki) di bawah permukaan laut.

Laut Mati (dalam bahasa Ibrani: Yam Ha-Melaḥ / ”Sea of Salt” /Arab: al-Bahr El-Mayyit / “Dead Sea”), juga disebut Sea Salt, adalah sebuah danau garam di Yordania di timur dan di Tepi Barat dan Israel ke barat. Permukaannya dan pantai adalah 422 meter (1.385 kaki) di bawah permukaan laut, ketinggian terendah di permukaan bumi di tanah kering. Laut Mati memiliki kedalaman 378 m (1.240 kaki), hypersaline danau terdalam di dunia. Hal ini juga salah satu tempat yang mengandung garam paling tinggi di dunia, dengan salinitas sampai 33,7%. Hanya Danau Assal (Djibouti), Garabogazköl dan beberapa danau hypersaline dari Lembah Kering McMurdo di Antartika (seperti Don Juan Pond dan mungkin Danau Vanda) memiliki salinitas yang lebih tinggi. Ini adalah 8,6 kali lebih asin daripada laut. Dengan tingkat garam yang begitu tinggi, membuat sebuah ekosistem di mana binatang tidak dapat berkembang, oleh karena itu dinamakan laut mati. Laut Mati memiliki panjang 67 kilometer (42 mil) dan lebar 18 kilometer (11 mil) pada titik terlebar, terletak di Yordania Rift Valley, dan anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan.

Quote:
9. Titik terjauh dari pusat bumi
Spoiler for 9:

puncak Chimborazo sejauh 6384,4 km (dikarenakan bentuk bumi yang tidak bulat sempurna). Puncak Everest hanya sejauh 6382,3 km dari pusat bumi.

Karena tonjolan bumi di ekuator, Ekuador puncak Gunung Chimborazo (20.700 kaki atau 6.310 meter) adalah titik terjauh dari pusat bumi sehingga gunung klaim judul menjadi “titik tertinggi di bumi” meskipun mt. Everest masih titik tertinggi di atas permukaan laut. Mt. Chimborazo merupakan gunung berapi yang telah punah dan sekitar satu derajat selatan khatulistiwa. Chimborazo terletak di Cordillera Occidental dari pusat Andes Ekuador, 150 km (93 mil) selatan-barat daya ibukota Quito.

Quote:
10. Titik terdekat dari pusat bumi
Spoiler for 10:

Titik tertentu di dasar samudra Artik dekat kutub utara sejauh 6353 km. (dasar palung Mariana hanya sejauh 6366.4 dari pusat bumi).

Quote:
11. Daratan dengan ketinggian rata-rata tertinggi
Spoiler for 11:

benua Antartika dengan ketinggian rata-rata 2.300 m (7.544 kaki) di atas permukaan laut.

Quote:
the end.

0 comments:

Post a Comment