Saturday, March 27, 2010

Kehebatan Teknologi 4G Akhirnya Dapat Kita Rasakan



Mobile users di Norwegia dan Swedia akan menjadi salah satu pengguna pertama 4G mobile network. TeliaSonera, sebuah firma di bidang mobile phone sudah menyelesaikan proyek jaringan 4G di Oslo dan Stockholm.

Mereka mengatakan bahwa pengguna bisa mulai menggunakan jaringan 4G pada awal 2010 nanti. Namun begitu, pada awal peluncurannya 4G baru bisa digunakan melewati Dongle(sebuah hardware kecil), PC atau laptop. Dongle yang bisa digunakan dibuat oleh Samsung.

Kecepatannya dapat mencapai 100 Megabits/second , 10x lebih cepat dari koneksi 3G tercepat yang ada. Technology ini didesain untuk melapisi jaringan 3G yang ada, dan sudah hampir seluruh operator yang menyetujui untuk meng-upgrade ke sistem yang lebih cepat ini.

Ericsson (bukan sony-nya, ericsson doang) mendukung network di Stockholm, Swedia, sedangkan Huawei (perusahaan China yg terkenal pada bidang teknologi komunikasi) berada dibalik network di Oslo, Norwegia.

TeliaSonera mengatakan bahwa jaringan ini diekspektasikan untuk mempercepat koneksi gaming serta memberi view yang lebih sempurna untuk video. Handphone/Handset yang bisa digunakan untuk 4G diperkirakan akan keluar pertengahan 2010.

0 comments:

Post a Comment